twitter


Saat cuaca panas dan rasanya sangaaat hauss, beberapa orang lebih memilih minum softdrink atau minuman bersoda  untuk menghilangkan rasa dahaganya. Namun sebaiknya kebiasaan ini dihentikan, karena tidak baik.

Hal ini bukan berarti kita harus berhenti untuk minum-minuman bersoda, sesekali minum soda tidaklah masalah, tetapi sebaiknya tidak diminum saat merasa haus. Saat haus adalah waktu paling buruk untuk minum soda, kenapa? Hal ini karena saat sedang haus atau dehidrasi tubuh memiliki kadar air liur yang rendah. Padahal salah satu fungsi dari air liur adalah untuk membantu menetralkan asam yang terkandung di dalam soda, serta berfungsi untuk mencuci gigi dari kandungan gula yang terdapat didalamnya. 

Selain itu sirup yang ada dalam minuman bersoda juga bisa membuat mulut menjadi kering dan membuat kadar air liur semakin berkurang serta meningkatkan rasa haus, dan minuman yang sarat akan gula serta kafein bisa meningkatkan osmolalitas darah.

Jika soda tersebut mengandung kafein akan menambah efek buruknya, karena kafein merupakan salah satu diuretik. Sifat diuretik ini membuat air di dalam tubuh lebih banyak yang keluar melalui urine, jika tak diimbangi dengan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi.

Sebaiknya seseorang jangan terlalu sering mengonsumsi soda, karena bisa membuat ketagihan yang nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Minuman yang paling baik diminum saat haus adalah air putih.

dikutip dari detikhealth

0 komentar:

Posting Komentar